15 49.0138 8.38624 1 0 4000 1 https://santirosmala.com 300 true 0
theme-sticky-logo-alt

Wisuda XIV STT Bandung, Siapkan Generasi Muda Unggul Dalam Inovasi Teknologi

0 Comments

Teknologi dan kewirausahaan akan selalu beririsan menjadi sebuah proses inovasi. Di mana peranan generasi muda dalam penerapan era industri 4.0 begitu pentingnya untuk menjawab beberapa Megantrends global yang mengubah dunia.

Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA.

Hotel Haris Convention Festival Citylink menjadi saksi bersejarah bagi 209 wisudawan beserta keluarga pendampingnya, hari Sabtu tanggal 11 Januari 2020 kemarin. Pagi itu digelar acara wisuda ke XIV yang dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya dan resmi dibuka oleh Ketua STT Bandung, Bapak Muchammad Naseer, S.Kom, M.T dan Ketua Yayasan, Bapak Dr. Dadang Hermawan.

Pada kesempatan tersebut dihadiri oleh keynote speaker Bapak Dr. Ing. Ilham Akbar Habibie, MBA yang memberikan orasi ilmiahnya selama kurang lebih 30 menit. Pemaparan beliau tentang kesiapan Industri Teknologi 4.0 serta Society Revolution 5.0 yang menjadi paradigma dari ekonomi masa depan. Perubahan yang begitu signifikan dan beralihnya sistem ke digitalisasi mengharuskan SDM untuk ikut bergerak cepat mengikuti perubahan zaman dan menyesuaikannya, sehingga akan menumbuhkan generasi-generasi unggul.

Peranan generasi muda, khusunya UKM rintisan atau Start Up dalam memetakan era industri saat ini harus mengandalkan pada inovasi yang berdaya saing tinggi. Hal ini, tak dapat lepas dari teknologi yang menggabungkan antara informasi dan komunikasi. Tentu saja, inovasi terjadi melalui proses yang diiringi oleh teknologi dan kewirausahaan. Inovasi inilah yang akan menjawab beberapa Megatrends global yang mengubah dunia, yaitu:

1. Urbanisasi cepat
2. Perubahan iklim dan kelangkaan sumber daya
3. Pergeseran kekuatan ekonomi global
4. Perubahan demografi dan sosial
5. Gebrakan teknologi

Namun, regulasi Pemerintah juga sangat diperlukan sebagai faktor pendukungnya. Dengan bertumbuhnya UKM rintisan diharapakan dapat membuka lapangan pekerjaan yang semakin luas. UKM sendiri harus meningkatkan produktivitasnya agar menjadi kontributor yang mendasar terhadap peningkatan ekspor dan bisa bersaing di kancah global. Sehingga dapat terjadinya pemerataan kesejahteraan untuk pengembangan negara dan bangsa di masa mendatang.

Saya sebagai bagian dari UKM, tentu saja sangat antusias menyimak orasi ilmiah yang dituturkan oleh beliau. Apalagi berkaitan dengan kewirausahaan yang memang diharuskan untuk selalu berinovasi, baik itu dalam menciptakan produk atau jasa, bahkan inovasi program sekalipun.

Dan acara yang dinantikan pun tiba. Pelantikan wisudawan sebanyak 209 orang yang terdiri atas:

  1. Sebanyak 113 orang dari Teknik Industri
  2. Sebanyak 70 orang dari Teknik Informatika
  3. Sebanyak 26 orang dari Desain Komunikasi Visual

Beberapa orang di antaranya mendapat penghargaan sebagai wisudawan dan skripsi terbaik. Dari berbagai judul yang berhasil meraih skripsi terbaik membuat saya kagum akan ide dan inovasi yang mereka ciptakan. Salut adik-adikku! Berikut ini adalah daftar periah wisudawan dan skripsi terbaik:

SKRIPSI TERBAIK TI
Mahasiwa: VIRGIAWAN CANDRA BHAKTI, S.T
Judul: Perancangan dan Pengembangan Hospital Transfer Bed dengan Pendekatan Karakuri.

Mahasiswa: INDRA RUKMANA, S.T
Judul: Optimasi Produksi Dyeing Finishing dengan Metode Integer Linear Programming.

Mahasiwa: ZAENAL UYUN, S.T
Judul: Perbaikan Produk Meja Belajar Lipat Multifungsi Ergonomis untuk Meningkatkan Motivasi dan Semangat Belajar Menggunakan Metode Kansei Engineering.

WISUDAWAN TERBAIK TI
Mahasiswa: DHEYU LAKSMI WULANDARI, S.T

SKRIPSI TERBAIK TIF
Mahasiswa: DERI HERMAWAN, S.Kom
Judul: Aplikasi 3D Virtual Reality Sebagi Media Bantu Terapi Acrophobia Berbasi Android.

Mahasiswa: REGINA SUKMA CITRA,S.Kom
Judul: Klasifikasi Ujaran Kebencian dengan Metode Naive Bayes Classification di Social Media Facebook Berbasis Web.

Mahasiswa: YASTI AISYAH PRIMIANJANI, S.Kom
Judul: Rancang Bangun Sistem Pemutus Aliran Listrik KWH Meter Pascabayar Berbasis Web Menggunakan Mikrokontroler.

WISUDAWAN TERBAIK TIF
Mahasiswa: MUHAMMAD RIZAL MUTAQIN, S.kOM

SKRIPSI TERBAIK DKV
Mahasiswa: ANDRI SETIAWAN, S.Ds
Judul: Perancangan Aplikasi Rencana Anggaran Biaya Membangun Rumah.

Mahasiswa: BAGUS ARYA SUSENO, S.Ds
Judul: Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Publik dan Peta wilayah RT 07 RW 08 Baleendah Kab. Bandung.

Mahasiswa: LUTHFI ALFARITZI, S.Ds
Judul: Perancangan Boardgame Pengenalan Permainan Tradisional Jawa Barat untuk Anak (Usia 8-12 tahun) di Kota Bandung.

WISUDWAN TERBAIK DKV
Mahasiswa: TIFFANI ZETA D, S.Ds

Acara dihadiri oleh tamu undangan VVIP yang merupakan perwakilan dari PT. Dirgantara Indonesia, Jasa Marga dan Biofarma yang sekaligus meresmikan penandatanganan MOU sebagai mitra dari STT Bandung. Lalu dilanjutkan dengan doa, pesan dan kesan perwakilan wisudawan yang membuat haru seluruh undangan yang hadir, dan ditutup oleh Ketua STT Bandung.

Selamat dan sukses bagi seluruh wisudawan XIV STT Bandung yang membanggakan orangtua dan keluarga. Semoga perjalanan selanjutnya dimudahkan dan mampu menjadi generasi muda yang unggul. Siap berinovasi dengan karya dan berkolaborasi untuk mewujudkan impian. Sehingga ilmunya menjadi bermanfaat dan penuh keberkahan, aamiin.

Previous Post
Langkah Jitu UMKM Garut Dalam Menghadapai Industri 4.0

0 Comments

Leave a Reply