Santi Rosmala

main image

Alhamdulillah, ketiga kalinya mendapatkan kesempatan menghadiri acara istimewa dari Sekolah Tinggi Teknologi Bandung. Kali ini dalam gelaran wisuda Sarjana (S1) yang ke-13, bertempat di Harris Hotel & Conventions Festival Citylink, Bandung.

Wisuda XIII STTB Program Sarjana Teknik Industri & Teknik Informatika


STTB yang berdiri pada tanggal 5 Oktober 1991 di bidang Teknologi & Desain telah mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat. Hingga saat ini, STTB telah meluluskan sebanyak 1.355 orang sarjana. Seperti pada hari Sabtu, 8 Desember 2018 kemarin, dengan diikuti oleh 183 wisudawan dari 2 program studi, yaitu 106 orang lulusan dari Teknik Industri dan 77 orang lulusan dari Teknik Informatika.

Prosesi wisuda dimulai pukul 08.30-12.30 yang dihadiri oleh segenap petinggi jajaran Civitas Akademika STTB. Acara diawali dengan pembukaan menyanyikan lagu Indonesia Raya, mengheningkan cipta yang disusul dengan lagu mars STTB. Dan dilanjutkan dengan penampilan kreasi budaya Sunda, yakni tarian Sunda dari UKM dan angklung.

Bapak Muchammad Naseer, S.Kom, MT selaku ketua STT Bandung, dalam sambutannya menyatakan, bahwa STTB yang memiliki tagline "Your Partner To Global Competition" akan Go University pada tahun 2022 mendatang. Hal ini, dapat dibuktikan dengan jumlah 96 dosen S2 dari dalam dan luar negeri, yang ditargetkan 77 dosen akan meraih gelar S3.

STTB juga telah menandatangani MOU dengan banyak pihak, di antaranya yang kemarin dilakukan bersama Universtitas PASIM, Bank Sampah Bersinar, PT. POS Indonesia, PT. SLU, CMYK dan HUNGCHI Taiwan. Serta bekerjasama dengan berbagai institusi luar negeri seperti Malaysia & Taiwan, dalam program menempuh karir dan pendidikan global untuk meningkatkan standar Internasional.

Penandatanganan MOU bersama beberapa pihak terkait.

Prestasi yang telah diraih oleh STTB dari berbagai bidang dapat dijadikan buktinya, salah satunya adalah total 100 mahasiswa yang magang di perusahaan BUMN. 13 orang interensif di perusahaan teknologi di Taiwan, dengan salery 6x UMR Bandung, dan mereka memilih untuk melanjutkan perkuliahan di sana. Total 21 dosen penerima hibah penelitian bernilai ratusan juta rupiah. Serta berbagai prestasi lainnya yang didapat dalam kancah internasional, yakni Dubai & Taiwan.

Siap Bersaing di Era Global

Pada bulan Oktober 2018 lalu, STTB mendapat penghargaan atas produk yang dinamakan smart Kitchen System, dalam program Calon Perusahaan Pemula Berbasis Teknologi Perguruan Tinggi 2018. Diharapkan para lulusannya memiliki jiwa kewirausahaan hingga dapat menciptakan lapangan kerja sendiri yang mandiri, kompeten dan inovatif. Hanya dalam tempo waktu 45 hari saja para sarjana ini sudah dapat meniti karir, yang totalnya sampai saat ini sudah terdaftar 400 alumni bekerja di berbagai industri sebagai tenaga ahli.

Prestasi STT Bandung

Hal menarik lainnya adalah orasi ilmiah dengan mendatangkan Dr Cyrille SCHWOB, APAC Head of Research & Technology Development at Airbus yang berkantor di Singapura. Dengan berbahasa Inggris dialek Perancis, beliau bercerita tentang teknologi yang digunakan di Airbus, dengan program yang sedang berjalan untuk pengecekan kondisi pesawat dari ponsel teknisinya.

Sebagai pembicara mewakili para wisudawan, terpilih Tina Sri Handayani, S.Kom. Mahasiswa Teknik Informatika penyandang disabilitas ini berhasil meraih medali Emas pada cabang olahraga (CABOR) Lari 200M, Medali Perak Cabor Lompat Jauh, dan Medali Perungu pada Cabor Lari 100M pada Event Pekan Paralimpik Daerah (PEPARDA) V 2018 yang diselenggarakan di Bogor, Stadion Pakan Sari Cibinong.


Acara yang ditunggu oleh para wisudawan akhirnya tiba juga, tampak keharuan dari keluarga yang mengantar saat pembacaan doa disampaikan. Janji telah diikrarkan! Mereka bersiap menjadi anak-anak yang berbakti kepada orangtua & bangsa.

Para wisudawan berbalik menghadap orangtuanya sesaat setelah pengukuhan kelulusan mereka.

Beberapa wisudawan dengan skripsi terbaik beserta para orangtuanya mendapatkan penghargaan. Dan wisudawan terbaik dari program studi Teknik Informatika diraih oleh Iin Indrayani, S.Kom, sedangkan wisudawan terbaik dari program studi Teknik Industri didapatkan oleh Srikanti Astuti, S.T.

Semoga para wisudawan STTB mampu bersaing di era digital ini dengan terus berkarya dan berinovasi. Seperti harapannya, yaitu menjadi kampus terdepan & mencetak sarjana-sarjana yang unggul & bersiap menghadapai tantangan. Selamat, ya!


Penulis
Santi Rosmala
Santi Rosmala

Santi Rosmala

© All rights reserved @cso