Ayam Dingin Segar dalam Olahan Karage Saus Pedas

 

Kampanye ayam dingin segar yang saya baca pertama kalinya dari media sosial seorang teman, reaksi awal, sih, biasa saja. Setelah beberapa kali postingannya tayang dan melintas di timeline, barulah saya tahu bahwa ini adalah bentuk sosialisasi dari kementrian Pertanian. Tujuannya tidak lain untuk mengedukasi masyarakat akan pentingnya memilih ayam dingin segar yang dijaga dalam rantai dingin, sehingga kualitas daging ayam tetap terjaga kesegarannya. Selain itu, daging ayam akan lebih serbaguna dan praktis untuk pengolahannya.

Bagi keluarga kami, daging ayam adalah stok wajib yang harus selalu ada di  freezer. Kebetulan anak saya memilih daging ayam sebagai makananan kesukaannya. Apapun masakannya yang penting adalah daging ayam, dan sepertinya tidak ada kata bosan untuk menyantapnya.

Berbagai olahan daging ayam, saya kreasikan agar lebih bervariasi penyajiannya. Untuk itulah, stok daging ayam mentah selalu tersedia. Dalam memilih daging ayam dingin saya pastikan yang terlihat bersih dan segar dengan warna putih kemerahan. Pastikan tidak ada warna memar keunguan yang biasanya ada di bagian sayap.

Kenapa saya pilih daging ayam segar? Selain segar, praktis dan serbaguna juga (daging ayam dingin sudah pasti lebih sehat dan aman untuk dikonsumsi setiap hari.

Untuk tempat penyimpanannya sendiri, saya siapkan wadah-wadah khusus yang tertutup rapat. Lalu simpan di freezer, dan bisa tahan hingga dua minggu. Setiap wadah diisi dengan beberapa potongan daging ayam yang nantinya disesuaikan dengan menu dalam pengolahannya.

Membeli daging ayam dingin yang benar-benar segar biasanya di supermarket langganan. Satu ekor ayam segar bisa dipotong menjadi beberapa bagian yang disesuakan dengan penyajiannya nanti. Cara mengonsumsi daging ayam segar pun bisa beraneka ragam menu olahan, dari cara praktis hingga yang memakan waktu cukup lama dalam pengolahannya.

Daging ayam bisa dijadikan pilihan terbaik sebagai bekal makan siang bagi anak sekolah. Daging ayam filet bisa diolah dengan cara menumisnya atau menggoreng dengan tepung dan pasti disukai anak-anak. Sebagai penggemar olahan daging ayam, saya pun sering menyimpan berbagai resep untuk dicoba mengolahnya.

Resep favorit keluarga kami adalah ayam goreng kuning dengan bumbu dari rempah-rempah yang banyak. Sudah pernah makan olahan ayam fenomenal yang terkenal dengan celupan saus nikmat dengan beberapa level kepedesannya? Menu ini disukai anak-anak remaja yang biasa nongkrong di tempatnya.

Nah, saya akan memilih resep olahan ayam karage saus pedas dengan tingkat kepedasannya sedang atau biasa disebut level tiga. Pembuatannya pun sangat mudah dan hanya membutuhkan waktu yang cukup singkat. Sisihkan daging ayam dari bagian dada, potong sesuai keinginan. Proses marinasi dengan menambahkan bumbu bawang putih dan sedikit jahe, biarkan beberapa saat, kira-kira kurang lebih 15 menit yang disimpan di lemari es.

Setelah itu, siapkan tepung terigu dan sedikit campuran maizena, merica dan garam. Sisihkan sedikt untuk bahan celupan. Kemudian balut daging ayam yang sudah dicelup dengan campuran terigu kering .  Goreng daging ayam yang sudah terbalut tepung dengan minyak yang cukup dan api kecil agar tingkat kematangannya sempurna.

Membuat saus level tiga juga sangat mudah, siapkan tiga sendok makan saus barbeque, tambahkan saus sambal botolan dan sedikit saus tiram. Masak dalam api kecil dengan ditambahkan sedikit air dan biarkan hingga matang.  Masukkan daging ayam tepung ke dalam saus, aduk sebentar, angkat dan siap disajikan.

Jika ingin menambahkan level pedasnya bisa ditambahkan bubuk cabe dalam kemasan botolan sesuai selera masing-masing.
Mudah bukan? Dijami, deh bakal ketagihan!

You may also like

Leave a Reply