Puasa Sehat dengan Air Nabeez

 

Memasuki bulan suci Ramadhan yang penuh kemuliaan ini, tentu saja banyak hal yang harus dipersiapkan. Bulan yang merupakan musim kebaikan, musim penggandaan ganjaran dan pemberian hadiah besar-besaran, serta dibukanya pintu-pintu kebaikan.

Tentu saja, bukan hanya persiapan hati yang bersih untuk menjalaninya. Tapi juga kesiapan mental dan fisik yang kuat agar bisa melaksanakan seluruh rangkaian ibadah untuk berburu pahala berlipat ganda.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Banyak yang bisa merasakan manfaat dari berpuasa, yaitu badan menjadi lebih sehat dan bugar tentunya. Tidak sedikit juga yang biasanya sakit menjadi lebih baik selama berpuasa di bulan Ramadhan.

Nah, untuk menjaga agar puasa tetap sehat. Diperlukan kebutuhan suplemen yang dapat menunjang vitalitas tubuh supaya tetap aktif dan segar sepanjang hari. Kondisi fisik seseorang yang sedang berpuasa memang cenderung lemas karena menahan lapar dan haus. Kecuali orang yang sudah terbiasa berpuasa sunnah setiap Senin dan Kamis, tentu saja tidak akan terlalu merasakan efeknya.

Puasa sehat bisa dengan cara mengatur pola makan yang baik dan gizi seimbang. Mengonsumsi air dan serat pada saat bulan Ramadhan adalah cara yang paling tepat untuk mempertahankan tubuh kita dari dehidrasi. Untuk mendapatkan energi yang saat berpuasa, bisa juga ditambah dengan suplemen alami yang dihasilkan dari rendaman air kurma yang didiamkan semalaman.

Air rendaman kurma atau kismis ini dinamakan air Nabeez. Cara ini telah diterapkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam untuk menjaga kesehatan tubuhnya. |
Hal ini, dinukil berdasarkan kepada Hadits Riwayat Muslim yang menerangkannya sebgai berikut :
Aisyah pernah ditanya tentang nabeez, kemudian ia memanggil seorang wanita asal Habasyah.
Bertanya Aisyah kepadanya, karena dahulu wanita ini pernah membuatkan air nabeez untuk Nabi. “Aku pernah membuat nabeez untuk beliau dalam sebuah kantung kulit pada malam hari. Kemudian, aku mengikat dan menggantungkannya. Lalu, pada pagi hari beliau meminumnya.” ujar wanita Habasyah kepada Aisyah.

Dari Aisyah dia berkata, “Kami biasa membuat perasan untuk Rasulullah Shallallahu Alaihi Wasallam di dalam air minum yang bertali di atasnya, kami membuat rendaman di pagi hari dan meminumnya di sore hari, atau membuat rendaman di sore hari lalu meminumnya dipagi hari.” (HR Muslim).

Ini dia, beberapa manfaat dari air nabeez yang telah terbukti khasiatnya :

  1. Air Nabeez memiliki fungsi yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat berpuasa, karena manfaat dari kurma yang dapat menambah stamina dan tenaga.
  2. Memberikan kekuatan stamina yang prima saat beraktivitas, karena kandungan buah yang memiliki zat besi yang baik untuk tubuh.
  3. Pottasium yang terkandung dalam buah dapat membuat jantung tetap sehat, sehingga tekanan darah selalu stabil dan normal.
  4. Buah yang mengandung serat fiber sangat baik untuk membunuh kolesterol jahat, dan juga dapat melancarkan pencernaan.

Untuk membuat air Nabeez, pilihlah kurma dengan kualitas baik.  Caranya sangat mudah, ambil tiga sampai tujuh butir kurma yang direndam dalam wadah tertutup rapat. Simpan semalaman untk diminum pagi hari atau rendaman pagi hari untuk diminum malam hari.
Air nabeez juga bisa disimpan dalam lemari es supaya kesegarannya tetap terjaga. Tetapi, jangan sampai melewati tiga hari karena air nabeez tersebut akan mengalami proses fermentasi yang tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Sudah siap dengan puasa sehat? yuk, cobain, deh!
Pastikan puasamu selalu sehat dan bugar, sehingga aktivitas pun tetap berjalan lancar dan menyenangkan.

 

You may also like

4 Comments

Leave a Reply