Kenali Rahasia rezekimu

 

Bismillah

Mengingat lagi kalimat demi kalimat yang tersaji dalam kajian Utsadz Dr. Khalid Basalamah, MA setahun lalu. Tema yang diangkat adalah berjudul “Inilah Rahasia Rezekimu, Saudariku”

Saya tidak bermaksud untuk menjabarkan keseluruhan isi kajian di sini, hanya ingin berbagi saja tentang rahasia rezeki yang sebenarnya sangat dekat dengan lingkungan kita.

Terkadang, kita disibukan dengan mencari rezeki yang super maksimal. Namun, nggak jarang juga kecewa dengan hasil yang diperoleh. Padahal, hasil merupakan rezeki terbaik yang sudah ditentukan oleh-Nya dengan adil dan sesuai dengan porsinya.

Sudahkah bersyukur hari ini?

Bayangkan jika apa yang telah Allah Ta’ala berikan secara gratis kepada kita harus dibayar?

Berapa banyak nikmat yang telah dilimpahkan-Nya, jika kita harus membayarnya?
Ah, tak kan pernah bisa kita menghitungnya.

Sadarkah dengan nikmat yang seringkali diabaikan?

Alhamdulillah, masih diberikan udara untuk bernapas. Kebayang ya kalo harus dikenakan tarif, nggak akan bisa juga kita membayar setiap tarikan napas setiap detiknya.

Kebetulan rumahku di gunung, sudut utara dan timur kota Bandung yang berada di ketinggian 900 mdpl. Begitu banyaknya nikmat yang terpampang nyata di hadapan mata. Pemandangan indah jajaran bukit nan hijau, rimbunnya pepohonan yang menyejukan mata, dan juga kebahagiaan saat melihat city light di sekililing kota Bandung yang berbentuk morfologi wilayahnya bagaikan sebuah mangkok raksasa.

Sungguh, itulah nikmat yang sangat besar. Semuanya gratis tak berbayar. Tugasmu hanya mensyukuri saja setiap nikmat yang dilimpahkan-Nya.

Sebagimana telah diabadikan dalam sebuah ayat Al-Qur’an yang berbunyi, “Maka, nikmat Tuhanmu mana lagi yang kamu dustakan?”

Masyaa Allah, semua keindahan ini bagaikan lukisan alam maha karya Allah Subhannahu Wa Ta’ala. Di mana aku setiap saat bersyukur dan berterima kasih atas segala yang telah diberikan-Nya.

Setiap apa yang kita miliki syukurilah, karena Allah Ta’ala menyukai hamba yang senantiasa bersyukur. Dengan mensyukuri setiap apapun yang kita terima, in syaa Allah hanya akan mendatangkan kebahagiaan yang hakiki. Allah Ta’ala suka, dan akan dilimpahkan pula nikmat yang lebih dari sebelumnya.

Rezeki itu sangatlah luas, bukan hanya soal materi saja.

Diberikan kesehatan, dikumpulkan dengan teman yang sholeh/hah adalah sebagian dari rezeki. Ah, begitu banyak hal-hal yang harus disyukuri.

Seperti juga, kedamaian dan ketenangan hati yang merupakan sebuah nikmat besar.
Hati tentram yang senantiasa mengingat Allah dengan berdzikir, semuanya adalah rezeki.
Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki yang selalu mengingatkanku kepada-Mu.
Jadikanlah aku hamba-Mu yang qona’ah dan ridho dengan ketetapan-Mu.

Maka, kenalilah rahasia rezekimu wahai saudariku.
Berbahagialah menjalani setiap perjalanan kehidupan ini dengan senantiasa bersabar dan bersyukur.

You may also like

2 Comments

Leave a Reply